Kumpulan makalah & artikel terbaik

Cari Makalah & Artikel
Google

Friday, June 8, 2007

Zakat

Zakat (Pajak dalam Islam) adalah item ke-tiga dari rukun Islam. Secara harfiah Zakat berarti "Tumbuh", "Berkembang", "Menyucikan" atau "Membersihkan". Sedangkan secara terminologi syari'ah, Zakat merujuk pada aktivitas memberikan sebagian kekayaan dalam jumlah dan perhitungan tertentu untuk orang-orang tertentu sebagaimana ditentukan.
Zakat merupakan salah satu rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok bagi tegaknya syariat Islam. Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah (seperti shalat, haji, dan puasa) yang telah diatur secara rinci dan paten berdasarkan Al-Qur'an dan As Sunnah, sekaligus merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan ummat manusia.
Zakat terbagi atas dua tipe yakni Zakat Fitrah, zakat yang wajib dikeluarkan Muslim menjelang Idul Fitri pada bulan Ramadhan. Besar Zakat ini setara dengan 2,176 kilogram makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.Zakat Maal (Zakat Harta), mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak serta hasil kerja (profesi). Masing-masing tipe memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.Orang yang berhak menerima zakat :
Fakir - Mereka yang tidak hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.Miskin - Mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk hidup.Amil - Mereka yang mengumpulkan dan membagikan zakat.Muallaf - Mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan barunyaHamba Sahaya yang ingin memerdekakan dirinyaGharimin - Mereka yang berhutang untuk kebutuhan yang halal dan tidak sanggup untuk memenuhinyaFisabillillah - Mereka yang berjuang di jalan Allah (misal: Dakwah, Perang dsb)Ibnus Sabil - Mereka yang kehabisan biaya di perjalanan.
Hikmah dari zakat antara lain: Mengurangi kesenjangan sosial antara mereka yang berada dengan mereka yang miskin.Pilar amal jama'i antara mereka yang berada dengan para mujahid dan da'i yang berjuang dan berda'wah dalam rangka meninggikan kalimat Allah SWT.Membersihkan dan mengikis akhlak yang burukAlat pembersih harta dan penjagaan dari ketamakan orang jahat.Ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikanUntuk pengembangan potensi ummatDukungan moral kepada orang yang baru masuk IslamMenambah pendapatan negara untuk proyek-proyek yang berguna bagi ummat.
Today's Birthday

Quote of the Day
Blog Directory & Search engine My Zimbio
Preview on Feedage: kumpulan-makalah-artikel
Disclaimer
All of the "Contents" are from internet sources and we believe they are in the public domain. However we make no claim or do we take credit for Contents unless otherwise specified. Original authors retain their copyright material.